Alasan Uang Bimbel, SMAN III Tondano Diduga Lakukan Pungli

By 02 Des 2017, 10:46:36 WIBSekitar Kita

Alasan Uang Bimbel, SMAN III Tondano Diduga Lakukan Pungli

TONDANO,pojoksulut.com - Informasi yang dihimpun Kabar Sulut beberapa waktu lalu mensinyalir adanya dugaan  oknum tertentu di SMAN III Tondano terlibat kasus pungli lantaran sejumlah siswa diwajibkan membayar 150 ribu untuk keperluan uang bimbingan sekolah.
       Padahal sudah jelas dalam poin ke-25 Perpres nomor 87 tahun 2016 setoran uang bimbingan sekolah termasuk kategori tindakan pungli, makanya perilaku seperti ini tidak dibenarkan karena aturan jelas pungli tidak diperkenankan termasuk di sekolah.     
       Keluhan  ini datang dari salah satu orang tua murid yang anaknya sementara menimba ilmu di SMAN III Tondano, dimana ungkapnya, berdasar apa yang anaknya sampaikan melalui pesan dari sekolah wajib membayar uang bimbingan sekolah kami sudah penuhi menyerahkan uang 150 ribu ke sekolah untuk bulan agustus tahun ini juga.
       "Sudah pernah kami setorkan uang satu kali bulan agustus, namun ketika kami mintakan bukti serah terima kwitansi sekolah ucapkan kwitansi nanti menyusul" papar sumber pada Kabar Sulut.
      Sumber menerangkan bukan hanya anaknya yang dimintai biaya, soalnya menurut pengakuan siswa lainnya mereka mengatakan hal yang sama di patok setoran uang 150 ribu per siswa. "Setelah waktu berlalu kwitansi bulan agustus belum kami terima, kami kembali dikagetkan atas permintaan anaknya uang 450 ribu untuk pembayaran 3 bulan penuh september, oktober dan nopember" ujar sumber.
      Sebagai orang tua siswa hilang kesabaran menyikapi hal ini, sebab tindakan ini jangan dibiarkan lantaran sudah menyalahi aturan dan masuk dalam kategori tindakan pungli terhadap orang tua dan siswa. "Kami sudah laporkan pihak sekolah ke Ombusman dan mereka dipanggil menghadap untuk membuat pernyataan jangan kembali berulah atas perbuatan yang sama, tapi entah begitu 1 minggu berlalu ternyata budaya pungli tetap berlaku di sekolah SMAN III Tondano" bebernya.
     Dibagian lain Kepsek SMAN III Tondano Denny Pakasi saat dikonfirmasi mengaku benar pihaknya sudah dimintai keterangan oleh Ombusman Provinsi Sulut, bahkan sekolah pernah bahas dalam rapat bersama orang tua siswa kalu bole program ditiadakan dan kami tawarkan ke Ombusman minta bimbingan program yang sementara dijalankan reguler maupun binsus tetap dilanjutkan tanpa adanya sumber dana.
     "Ada 2 program sementara berjalan reguler dan binsus selanjutnya sesuai harapan pemerintah, sekolah mereka tetap melayani program binsus" tandas Pakasi. "Program regular gratis sedang bimbel hanya terdapat 5 kelas itu pun mereka tidak perlu bayar" pintanya. Apalagi katanya, kami sebagai tugas pengajar berpikir program yang lagi dijalankan semua untuk kepentingan siswa sekolah, selain itu tambahnya, sekolah sudah mengimbau bagi orang tua siswa yang enggan anaknya fokus di program binsus silahkan pindah ke reguler, begitu juga sebaliknya.
     "Misalkan beredar informasi ada pungutan, sifatnya hanya sukarela dan kami tidak pernah memaksakan kehendak untuk mewajibkan siswa membayar uang bimbingan sekolah karena terbukti ada murid 1 kelas sejak bulan juni hingga kini mereka semua tidak pernah bayar" pungkas Pakasi.
     Tambahnya, bagi orang tua siswa andaikan ada yang perlu dibahas kita bangun komunikasi biar segala sesuatu transparan untuk kami pertimbangkan, karena cukup banyak siswa yang mendaftar di binsus 600 siswa, sisanya 200 siswa reguler. Disamping itu sambung Pakasi untuk program reguler/binsus tiada bedanya karena semua pelayanan sama dan besar harapan bagi kami demi kemajuan sekolah dan siswa segala sesuatu harus terbuka termasuk jika ada yang perlu disampaikan ataupun pengeluhan mari kita bahas bersama untuk dicarikan jalan keluar. (Thayeb)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • CarmenÁlvarez

    10% or more 25% or more 50% or more 75% or more. Hanya stok tersedia (397) ...

    View Article
  • PaulaHernández

    Untuk itu, menggunakan gel merupakan salah satu alternatif yang sangat baik bagi ...

    View Article
  • rhodatk60

    My creative network project: http://sean.web.telrock.net ...

    View Article
  • jeffreyqc18

    Project servant moved: http://sheena.forum.telrock.net ...

    View Article