Tiga Profesor Unsrat Studi Orentasi Pengelolaan Sampah di Jepang

By 30 Apr 2017, 22:37:36 WIBManado

Tiga Profesor Unsrat Studi Orentasi Pengelolaan Sampah di Jepang

MANADO,Pojoksulut

Pengelolaan sampah menjadi perhatian dua profesor Universitas Sam Ratulangi Manado. Mereka turun kelapangan dan berinterasi ke masyarakat bagaimana mengelola sampah rumah tangga di negara jepang.

Dalam pengelolaan sampah, masyarakat  jepang sangat disiplin, baik memilah sampah disetiap rumah tangga hingga saat membuang sampah yang telah dipisahkan.

Hal ini membawa pemerhati lingkungan Universitas Sam Ratulanggi melakukan studi orentasi pengelolaan sampah beberapa waktu lalu.

Menurut Profesor DR dr Grace Kandou, MKes  mengatakan bersama kedua rekannya melakukan surve dan studi pengelolaan sampah di Jepan 21-25 April 2017.

“Pengelolaan sampah di tiap negara berbeda-beda. Namun apa yang baik perlu dicontohi untuk diterapkan dalam rangka minimalisir sampah atau yang paling baik adalah zero waste,”ujarnya (30/04/2017)

Studi ini tim pemerhati lingkungan yakni Prof DR Treesje Londa, MSi, Prof Dr Grece Kandouw,MKes dan Prof Dr Janny Kusen,MSc baru-baru ini mencoba untuk belajar di beberapa tempat.

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) menjelaskan Kami tim lingkungan kecil di Saitama Pref Kawaguci City yakni di Sakura Cho menetapkan satu kelompok 22 keluarga secara bersama mengelolah sampah rumah tangga mereka di satu tempat kecil dan sederhana untuk menampung sampah keluarga.

“Dalam pengelolaan sampah rumah tangga jauh berbeda dengan pengelolaan sampah di Manado ataupun daerah lainya. Mereka menetapkan jenis-jenis sampah semisal sampah organik, kertas atau kardus, plastic dan kaleng maupun botol. Itupun setiap hari dipenampungan ditutup sangat rapi,"terangnya..

Lanjut, Hari senin dan kamis jenis sampah organic, selasa (minggu pertama dan ketiga) jenis kaleng dan botol pecah belah; selasa minggu kedua dan keempat jenis botol plastic, pakaian, kardus dan anorganik yang ringan; rabu jenis plastic selain botol, dan ada satu hari sebulan ditetapkan untuk membawah sampah anorganik keras ke tempat penampungan.

Senada dikatakan Ketu Senat Unsrat Prof DR Janny Kusen,MSc menambahkan perbedaan sangat jauh dalam pengelolaan sampah di Kota Manado.

“Kedisplinan masyarakat jepang patut dicontohi, jika ada yang membuang tidak sesuai hari dan jenis sampah yang disepakati maka pihak pengelola akan memberikan surat peringatan. sampahnya tidak akan  diangkut oleh petugas,”ujarnya.

Waktu penampungan sampah ditetapkan di bawah jam 9 pagi.

Seperti di Kota Hiroshima yakni di Higasikania Cho, Kusen dan Kandou menjelaskan berdasarkan pengamatan dan wawancara langsung dengan warga setempat bahwa sekitar 10 keluarga mengelolah sampah secara bersama dimotivasi oleh pemerintah setempat.

“Di sana juga tersedia sebuah tempat pengumpulan yang kecil dan sederhana untuk menampung sampah warga yang juga sudah diatur jenis sampah perhari. Berdasarkan pengamatan di kedua tempat tersebut sangat bersih atau zero waste. Tentu saja perlu untuk berguru di tempat-tempat seperti ini dan juga di tempat-tempat lain yang kesehariannya lingkungan hidupnya bersih dan nyaman,”tandas keduanya.(erick)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. alat tulis berkualitas 13 Jun 2017, 18:42:32 WIB

    Wah mantap hasil penemuannya, beginilah seharusnya masyarakat dunia bisa memberikan kontribusi yaitu dengan menciptakan sesuatu yang berguna dalam kehidupan

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • pokevision alternatives

    pokevision alternatives best app to find and catch rare Pokemons among all the maps ...

    View Article
  • Bayar BPJS Online

    Keren! Semoga nanti akan ada banuak ilmu yang bisa diambil oleh para dokter tersebut ...

    View Article
  • Bayar BPJS

    Mantap MinSel! Kalau bisa, selalu jadi pendonor terbanyak ya. Yuk daerah lain, jangan ...

    View Article
  • kontraktor interior di jakarta

    Saya setuju sekali dengan program ekonomi kerakyatan yang diusung Dandes. Semoga bisa ...

    View Article