Ternyata, Kampung Belanda Pernah Ada di Desa Noongan Induk

By 22 Nov 2016, 16:51:27 WIBWisata

Ternyata, Kampung Belanda Pernah Ada di Desa Noongan Induk

LANGOWAN,pojoksulut.com—Desa Noongan Induk, Kecamatan Langowan Barat, Kabupaten Minahasa, ternyata menyimpan cerita unik. Wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) ini, dulunya pernah didiami oleh orang Belanda, dan oleh masyarakat sekitar menyebutnya Kampung Belanda.

Untuk mengetahui soal Kampung Belanda ini, pojoksulut.com menemui beberapa warga kampung untuk dimintai keterangannya. Dari penuturan mereka, Kampung Belanda ini berada tepat  dibibir lereng gunung, dan dibatasi dengan jembatan serta diapit perbukitan yang sejuk.”Yang di sana itu merupakan kampung peninggalan belanda,”terang beberapa warga sembari menunjuk letak Kampung Belanda.

Sedangkan keturunan orang-orang Belanda yang pernah tinggal di Desa Noongan, keberadaannya sudah tidak diketahui lagi dan tidak pernah ditemukan. Sementara, rumah yang pernah mereka tinggali, sampai sekarang masih ada dan masih terawat dengan baik.

Selain itu, di Desa Noongan Induk juga ada yang namanya kolam renang Belanda, dimana kolam renang tersebut merupakan buatan  Belanda, dan hingga saat ini masih berfungsi dengan baik.

“Memang benar, kampung ini namanya ampung belanda, karena waktu jaman penjajahan belanda dulu lokasi ini dijadikan tempat tinggal orang-orang belanda,” jelas Hukum Tua Desa Noongan Induk, Abraham Walean, kepada pojoksulut.com.

Lanjut Abraham, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Noongan, juga merupakan salah satu peninggalan Belanda. “Pada jaman Belanda, rumah sakit Noongan merupakan tempat perawatan orang sakit paru-paru. Rumah sakit itu waktu pengerjaannya sekitar tahun 1927 hingga selesai tahun 1932, hingga pada tahun 1996 dirubah namanya menjadi Rumah Sakit Nooangan sampai hari ini,”jelas. (hamzah)

 Keterangan Gambar :

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • Barcode Scanner

    Selain kurikulum tentang kewirausahaan, materi tentang pasar modal juga penting untuk ...

    View Article
  • Barcode Printer

    Produk kerajinan seperti souvenir keramik ini bisa jadi bisnis yang menjanjikan. ...

    View Article
  • gizidat.co

    keren... ...

    View Article
  • Alan pontoh

    Mantap ...

    View Article