Soto Betawi H. Husein sangat enak sekali

By 21 Agu 2012, 14:35:48 WIBMinsel

Soto Betawi H. Husein sangat enak sekali

Indonesia sangat kaya akan khazanah kuliner. Masing-masing wilayah mempunyai makanan yang khas. Meskipun sama jenisnya, namun rasa dan racikannya berbeda.
Sama seperti daerah-daerah lain di Indonesia, masyarakat Betawi juga mempunyai makanan khas yaitu soto Betawi. Salah satu yang terkenal adalah soto Betawi Haji Husein yang ada di kawasan Minangkabau, Manggarai, Jakarta Selatan. Di tempat seluas 5 x 10 meter, Bang Husein, 57; panggilan akrabnya, membuka usahanya dari pukul 07.00 WIB hingga dagangannya habis. Usaha ini telah dirintisnya sejak tahun 1989. Sebelum membuka usaha sendiri, ia terlebih dahulu belajar dari pamannya sejak tahun 1970-an.

Saya sudah mulai ikut usaha sejak Kelas 4 SD. Waktu itu ikut Uwak (panggilan paman-Red) jualan sate, tongseng, sama soto, kata Bang Husein. Bapak empat orang anak ini mengaku memilih soto karena lebih praktis, selain itu ia ingin melestarikan makanan asli Betawi.
Yang membedakan soto Betawi Haji Husein dengan soto di daerah lainnya adalah proses pengolahan isi sotonya. Olahan daging sapi yang berupa daging, jeroan, dan kikil terlebih dahulu direbus; baru kemudian digoreng. Yang hampir sama biasanya soto Makassar, cuma biasanya dagingnya direbus saja, nggak digoreng, ujar pria kelahiran Jakarta ini.
Dalam sehari Bang Husein biasa menyediakan 50 Kg olahan daging sapi yang terdiri dari daging, jeroan, dan kikil. Mulai pukul 03.00 WIB ia merebus semuanya hingga pukul 06.00 WIB. Menurutnya proses merebus membutuhkan waktu yang cukup lama. Bumbu yang digunakan untuk kuah sotonya hanya terdiri dari rempah-rempah biasa yang banyak dijual di pasar. Bahan-bahan itu kemudian diracik sedemikian rupa sehingga mempunyai rasa yang khas. Kuah soto Betawi umumnya kental karena menggunakan santan. Dalam sehari ia bisa menghabiskan berpuluh butir kelapa tua untuk diolah menjadi santan.

Setiap
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. bisnis kuliner 13 Jun 2017, 18:47:16 WIB

    Pada dassarnya bisnis kuliner itu memang sangat menjanjikan dan akan tetap bertahan lama, namun untuk diingat bahwa terjun dalam bidang ini tidak mudah kebetulan saya juga ada referensi artikel mengenai tips mengembangkan bisnis kuliner yang mungkin bisa membantu siapapun yang ingin memulai bisnis ini. DIharapkan dengan artikel yang saya berikan ini bisa membantu kalian mengenal dan mengetahui bagaimana harus memulai bisnis kuliner dan apa yang harus diperhatikan

    Jasa SEO 15 Jun 2017, 23:33:56 WIB

    Terima kasih atas berita dan informasinya, sangat banyak manfaatnya pak..
    di tunggu updatenya :)
    Salam kami :
    http://grutty-sepatu-indonesia.webflow.io/ | http://masterseo.deviantart.com/

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • assignment helper

    I think religious and cultural issues must not be discussed if you are working in a ...

    View Article
  • help with assignment brief

    I think religious and cultural issues must not be discussed if you are working in a ...

    View Article
  • help with essay

    This article gives the light in which we can watch the truth. This is extremely ...

    View Article
  • help with dissertation writing uk

    I was just browsing through the internet looking for some information and came across ...

    View Article