Sosialisasi Germas, Paruntu: Masyarakat Harus Jaga Pola Hidup Sehat

By 08 Des 2017, 12:53:58 WIBMinsel

Sosialisasi Germas, Paruntu: Masyarakat Harus Jaga Pola Hidup Sehat

AMURANG,pojoksulut.com-Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa Selatan, Kamis (7/12/2017), menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas. Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Waleta kantor bupati itu, bekerjasama dengan Kemenkes RI.
 
Dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Handri Sondakh, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu mengaku prihatin dengan meningkatnya angka kematian yang disebabkan berbagai penyakit diantaranya stroke, jantung, hipertensi, diabetes dan beberapa jenis penyakit lainnya.
 
Untuk itu, bupati yang akrab disapa Tetty Paruntu ini mengimbau agar pelayanan kesehatan terutama pelayanan rujukan perlu ditingkatkan guna melayani masyarakat.

"Masyarakat suka merokok, makanan cepat saji, tingginya gula dan garam menjadi pemicu terjadinya penyakit. Masalah ini menjadi upaya bersama demi mengurangi kesakitan penyakit menular dan tak menular secara nasional dan lokal yakni daerah,"terang bupati dalam sambutannya.

Lanjut bupati dua periode ini mengatakan, penting ialah individu dan lingkungan harus bersih terlebih dahulu.
Selain itu, sarana prasarana, dukungan pemerintah secara sistematis agar mendorong masyarakat berprilaku hidup sehat.

"Reformasi kesehatan difokuskan pada penguatan hidup sehat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Meningkatkan kesadaran tentang gaya hidup sehat meningkatkan kesadaran hidup sehat melalui olahraga, istirahat teratur, dan konsumsi makan bergizi,"tandasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Promosi Kemenkes RI, Marzuli menjelaskan, peran masyarakat sangat penting agar kesehatan tetap terjaga. 
 
"Masyarakat wajib konsumsi makan bergizi, tak merokok, dan rutin memeriksakan kesehatan agar mengetahui keadaan tubuh, serta memberikan pemahaman kepada masyarakat saat sakit untuk segera memeriksakan kesehatan di rumah sakit,"papar Marzuli, seraya menambahkan bahwa Kabupaten Minsel untuk penyakit hipertensi tergolong tinggi.
 
"Ini diakibatkan  merokok, senang makanan asin, kurang makan buah, sayuran, kurang berolahraga, dan suka makan berlemak.

“Kalau seluruh masyarakat berprilaku sehat, tentu akan berdampak pada kesehatan dan tercipta lingkungan yang bersih sehingga produksi masyarakat akan meningkat dan biaya yang dikeluarkan untuk berobat akan berkurang,”pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinkes Minsel Ternie Paruntu menambahkan, dengan adanya sosialisasi Germas, akan memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat agar dapat menjaga pola hidup sehat.
 
"Kegiatan ini akan dapat menimbulkan kesadaran sejak dini, dan mengetahui pentingnya perilaku menjaga serta memelihara kesehatan,"tutup Paruntu.(hard)
 

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • capwhova

    Hello. And Bye. ...

    View Article
  • Pabrik Tas

    A really great post! I want to thank you for the important information you've ...

    View Article
  • HelenBip

    Revolutional update of captchas regignizing package "XEvil 4.0": captcha ...

    View Article
  • Sewa Mobil Surabaya

    Terima Kasih Info Bermanfaatnya Pak.. Salam :) ...

    View Article