Pinus di Hutan Soputan Disadap, Warga Tumaratas Marah

By 10 Agu 2017, 11:37:30 WIBMinahasa

Pinus di Hutan Soputan Disadap, Warga Tumaratas Marah

LANGOWAN,pojoksulut.com—Sejumlah masyarakat Desa Tumaratas Kecamatan Langowan Barat, Kabupaten Minahasa mengecam proyek penyadapan getah pinus yang di lakukan areal hutan lindung Gunung Soputan.

Diduga, proyek yang dilaksanakan Koptan Rin Pamu Desa Tombasian Atas Kecamatan Kawangkoan Barat itu, sudah melenceng hingga ke hutan lindung Gunung Soputan.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Tumaratas, Hans Verry Wonte mengatakan proyek penyadapan getah pinus di wilayah hutan Desa Tombasian Atas dengan luas areal sekitar 240 hektar, sebagaimana tertulis dalam ‘papan proyek’ yang ditemukan warga di wilayah hutan Tumaratas, tidak mereka permasalahkan.

“Yang jadi masalah karena mereka sudah masuk sampai ke wilayah Hutan Lindung Soputan di Tumaratas. Artinya, mereka sudah melanggar izin yang diberikan, seperti yang tercantum dalam papan proyek. Ini harus segera dihentikan,” tegas Wonte, Rabu (9/8/2017).

Mantan Kepala SMA Kristen Schwarz Langowan ini menambahkan, ketika proyek tersebut sudah menyentuh ribuan pohon pinus yang ada di atas 300 hektar hutan lindung wilayah Tumaratas Langowan, maka ini sudah menjadi persoalan masyarakat Tumaratas bahkan masalah terganggunya ekosistem lingkungan hidup.

“Penyadapan getah pinus bisa mengakibatkan dampak pada matinya pohon pinus tersebut di kemudian hari,”tegas Wonte yang didamingi  sejumlah warga Desa Tumaratas.

 “Bila itu terjadi, maka sumber air warga Tumaratas dan sekitarnya akan terganggu. Bukan hanya itu, Lood Sendow di Paslaten juga bisa kering karena pasokan airnya dari hutan Kelelondey dan Soputan. Air di Danau Tondano juga akan terganggu karena hulunya sebagian besar berasal dari hutan ini,” tambah Wonte, seraya meminta pihak terkait termasuk pemerintah, segera turun tangan menyikapi persoalan ini.

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • MbdtysEaseva

    write my paper for money - https://dissertationwritersatbd.technology/ can someone do ...

    View Article
  • Harga Speaker Bluetooth

    Harga Speaker Bluetooth ...

    View Article
  • jasa seo indonesia

    pasti ada segi positif dan negatifnya jika memang dilaksanakan sekolah sehari penuh ...

    View Article
  • Service Komputer Bali

    Wonderful article! I need individuals to know exactly how great this data is in your ...

    View Article