Pilkada 2018, Sumarsono: Ada Sanksi Tegas Bagi ASN yang Tidak Netral

By 24 Okt 2017, 10:56:09 WIBPilkada

Pilkada 2018, Sumarsono: Ada Sanksi Tegas Bagi ASN yang Tidak Netral

JAKARTA,pojoksulut.com---Saat membuka Rakornas Persiapan Pilkada Serentak 2018 di Jakarta, Senin 23 Oktober 2017, Mendagri Tjahjo Kumolo melalui Dirjen Otonomi Daerah (Otda), Sonny Sumarsono berjanji akan memberikan sanksi tegas bagi ASN yang tidak netral saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 mendatang.
 
"Kemendagri akan tegas memberikan sanksi bagi ASN yang tidak netral. Birokrasi harus netral. Jangan sampai ada kejadian, ASN berbaju Korpri berteriak memberikan dukungan bagi salah satu calon,"tegas Sumarsono.
 
Selain itu, Sumarsono juga menyinggung agar inchumbent atau petahana yang maju Pilkada, tidak mengunakan fasilitas negara saat berkampanye.
 
"Kami bersama KemenPAN-RB akan membentuk tim pengawasan terhadap nerralitas ASN. Kemendagri akan tegas soal hal ini,"terang Sumarsono, yang pernah menjabat Pjs Gubernur Sulut.
 
Sementara itu, Menkopolhutkam Wiranto menambahkan posisi Pilkada sangat penting dalam eksistensi bangsa. Untuk itu, pihaknya akan bertugas mengkoordinir semua instrumen yang terlibat agar pesta demokrasi lima tahunan ini bisa berjalan lancar.
 
"Banyak masalah yang dihadapi karena demokrasi dinamis. Obsesi untuk menang jangan mengalahkan substansi demokrasi. Faktanya, popularitas calon seringkali mengabaikan kapasitas,"ungkap Wiranto.
 
Berdasarkan evaluasi, lanjut Wiranto, serangan fajar masih terjadi saat pelaksanaan Pilkada. Selain itu, perkembangam teknologi informasi khususnya sosial media, tak bisa dikontrol sehingga memunculkan hate speech.
 
"Masalah lainnya, menurut Wiranto adalah kampanye berita bohong (hoax), validitas daftar pemilih, oknum ASN dan petugas keamanan yang tidak netral,"tutup Wiranto.
 
Hadir dalam Rakornas ini Ketua KPU Minahasa, Ketua Panwas Minahasa dan Asisten I Serdakab Minahasa, Denny Mangala yang mewakili bupati.(joudi)
 
Keterangan foto: Ketua KPU Minahasa Meydi Tinangon mengikuti Rakornas Persiapan Pilkada Serentak 2018 di Hotel Kartika Chandra Jakarta

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • top quality essay

    Indonesia is a country who work a lot for progress currently they are working on ...

    View Article
  • FOREX ASLI

    Thank you for sharing good information for health, may be useful for all of us do ...

    View Article
  • artikel tulisan

    informasi yang bagus, tidak terasa sebentar lagi kita bakalan berjumpa dengan hari ...

    View Article
  • harga speaker aktif polytron xbr

    harga speaker aktif polytron xbr ...

    View Article