Pertama di Dunia, Ahok Makin Bercahaya

By 12 Mei 2017, 07:03:38 WIB

Pertama di Dunia, Ahok Makin Bercahaya

MANADO,Pojoksulut

Goresan Redaksi

Pasca vonis majelis hakim kepada Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama 2 tahun penjara menjadi perhatian dunia maupun berbagai daerah Indonesia.

Ahok sudah tamat. Begitulah pernyataan para lawan Ahok.  Selang dua hari setelah Ahok divonis dua tahun oleh kelima hakim, di antaranya ditenggarai ada fans HTI, Ahok ternyata tidak tamat. Di penjara Cipinang, nama Ahok terus berkibar. Di Makob Brimob, nama Ahok berkumandang. Cahaya lilin Ahok di Tugu Proklamasi kemarin malam (10/5/2017) menyinari pekatnya malam.

Foto Ersky.

Nama Ahok berkumandang di seantero negeri mulai Manado,Bitung, Yogyakarta, Batam, Atahuma, Singkawang, Manado, Rote, Nias dan Toraja, Airmadidi  (11/05/2017).

Foto Ersky.

Bahkan tak hentinya warga mengepresikan memasang lilin, Jumat (12/05/2017) di Medan, Palangka Raya, Bali, Timor Leste, Lemba,  Dili, Langowan maupun di luar negeri seperti di Singapura, Malaysia, Australia, Inggris hingga di PBB nama Ahok semakin berkibar. Tak kurang parlemen Belanda meminta Menteri Luar negeri mereka untuk membawa kasus Ahok di badan PBB dan Uni Eropa. Apa yang terjadi ke depan? Kita tidak bisa memprediksi.

Fakta pada acara perayaan lilin di Tugu Proklamasi kemarin, ada doa-doa yang dilantunkan oleh beberapa pemuka agama berbeda. Dari Islam ada Gus Nuril, seorang pendekar sekaligus ulama. Ada banyak tokoh lintas agama yang siap menjamin Ahok di penjara. Islam, Kristen, Budha, Hindu bahkan agama kepercayaan pun datang, berbaur menjadi satu dalam kata cinta akan kebenaran.

Foto Ersky.

Siapa yang menggerakkan mereka semua? Jelas ada tangan Tuhan yang menyatukan mereka. Saya merinding melihat nyala lilin yang membentuk lautan cahaya kedamaian di Tugu Proklamasi itu. Mereka yang datang dari jauh  tidak dibayar. Mereka berkumpul di titik yang sama, berjuang melawan pemerkosaan ketidakadilan putusan hakim. Nama Ahok pun terus bergemuruh.

Ketika Ahok di penjara, ternyata Ahok tidak tamat.  Berbeda dengan para terpidana lainnya, Ahok di penjara justru semakin berkibar. Sejak ia kalah Pilkada, nama Ahok beriak mewangi di antara bunga-bunga dahsyat di balai kota. Namanya terukir indah ketika ia bersama Djarot berhasil menyabet rekor MURI sebagai peraih parade bunga terpanjang di Indonesia.

Foto Aldy Rorong.

Sekarang Ahok mulai menjelma sebagai simbol penegakkan NKRI, simbol kebhinnekaan, simbol perlawanan. Ahok berubah menjadi simbol perlawanan intoleransi, simbol gerakan keadilan, simbol sosok yang dizalimi oleh gerakan radikalisme berbaju agama. Ahok kini dengan cepat mengubah dirinya dari terpidana menjadi simbol perjuangan cita-cita proklamasi, calon pemimpin 250 juta rakyat Indonesia yang beragam suku, bahasa dan agama di masa depan.

Vonis 2 tahun kepada Ahok terlihat  menjadi momentum titik balik perlawanan Ahok. Vonis dua tahun itu justru menempatkan Ahok memiliki momentum untuk menyamakan dirinya dengan Nelson Mandela, pejuang yang mencari kebenaran dan keadilan di tanah kelahirannya yang diskriminatif. Dan itulah yang mulai terlihat sejak 9 Mei lalu. Nama Ahok terus bergemuruh. Ia tidak tamat, ia tidak mati. Idenya membangun negeri ini terus tumbuh di benak banyak orang.(sw,tim)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • pokevision alternatives

    pokevision alternatives best app to find and catch rare Pokemons among all the maps ...

    View Article
  • Bayar BPJS Online

    Keren! Semoga nanti akan ada banuak ilmu yang bisa diambil oleh para dokter tersebut ...

    View Article
  • Bayar BPJS

    Mantap MinSel! Kalau bisa, selalu jadi pendonor terbanyak ya. Yuk daerah lain, jangan ...

    View Article
  • kontraktor interior di jakarta

    Saya setuju sekali dengan program ekonomi kerakyatan yang diusung Dandes. Semoga bisa ...

    View Article