Panwaslu Minahasa Gelar FGD Pengawasan Partisipatif Berbasis Kearifan Lokal

By 24 Nov 2017, 12:44:53 WIBMinahasa Selatan

Panwaslu Minahasa Gelar FGD Pengawasan Partisipatif Berbasis Kearifan Lokal

TONDANO,pojoksulut.com---Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Minahasa menggelar Focus Group Discussion (FGD), dengan tema "Desain Pengawasan Partisipatif Berbasis Kearifan Lokal" di Tasik Ria Resort, Kamis (23/11/2017).
 
FGD ini dipimpin oleh Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit dengan moderator Rendy Umboh, dan selaku narasumber dan fasilitator Johny Suak Direktur E-MC Sulut.

Dalam pengantarnya, Suak mengatakan pemilihan tema untuk penyelenggara Panwaslu saat ini sangatlah cerdas yaitu "Bersama rakyat awasi Pemilu". Artinya, mengajak rakyat untuk ikut dalam mengawasi Pemilu, jadi hasil Pemilu adalah berkat sumbangsih dari masyarakat yang ikut mengawasi Pemilu untuk dapat berjalan dengan baik.

"Tugas berat kita adalah Kecurangan money politik yang sangatlah luar biasa, Minahasa harus berlangsung tanpa money politik, dan apabila money politik berlangsung, berarti Pengawasan Partisipatif tidak berfungsi," ujarnya.

Suak menjelaskan bahwa pengawasan itu artinya adalah mengamati, memeriksa, mengkaji, menilai. Sedangkan untuk pengawasan terbagi dua, yaitu, pengawasan pencegahan dan pengawasan penindakan.

"Pengawasan Partisipatif memang harus dilakukan oleh masyarakat, sehingga lewat pengawasan ini bisa dilakukan pencegahan. Jadi pengawasan Pencegahan dilakukan oleh masyarakat sedangkan untuk pengawasan penindakan adalah domain Panwas dan Bawaslu," jelasnya.

Ia menambahkan, partisipatif masyarakat terbagi 3 yakni, pelibatan partisipatif politik yang tidak bisa jadi pemantau politik. Partisipatif pemilih pelibatan masyarakat untuk melibatkan Pemilih lainnya. Serta partisipasi pengawasan Pemilu.

Dijelaskanlah pula bahwa pengawas Pemilu dalam hal ini Panwaslu Minahasa harus mampu Mlmembangun kepercayaan baik itu kepercayaan dari Parpol, penyelenggara dan pemerintah. Taat dalam peraturan, serta Klkerja keras untuk mampu menjadi penghubung terkait Pemilu.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit mengatakan, untuk memaksimalkan kinerja pihaknya nanti maka akan dilakukan gerakan moral dan turun langsung ke jalan.
 
"Kami akan turun langsung untuk dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dalam hal pengawasan," ujarnya.

Rumagit pun berharap, lewat FGD ini, informasi dapat diteruskan kepada masyarakat, khususnya kepada pengawas partisipatif, sehingga pemilu dapat terlaksana sesuai dengan perundang undangan yang berlaku.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Anggota Panwaslu Minahasa Rendy Umboh serta diskusi oleh para peserta dengan pihak Panwaslu terkait permasalahan dan penanganannya, kegiatan ini turut dihadiri Kalangan Pers, Pegiat Pemantau Pemilu, Ormas Pemuda dan Organisasi kemahasiswaan.(joudi)
 

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • Barang Promosi

    Semoga akan semakin banyak seminar nasional yang mengangkat tema atau topik yang dapat ...

    View Article
  • TutuApp

    The [url=https://tutuapp.me]TutuApp [/url] is an aide which provide the paid and the ...

    View Article
  • JackNelson

    The <a href="https://tutuapp.me">TutuApp </a> is an aide which ...

    View Article
  • berita pembunuhan

    semoga angka kriminal bisa menurun ...

    View Article