Luhut Panjaitan: Taman Nasional Bunaken Dikelolah Pemprov Sulut

By 13 Jun 2017, 05:27:11 WIBMinahasa Selatan

Luhut Panjaitan: Taman Nasional Bunaken Dikelolah Pemprov Sulut

JAKARTA,Pojoksulut

Obyek wisata Taman Laut Bunaken, Manado Tua dan Siladenakan diserahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda), akhirnya mendapat titik terang.

Hal itu terlihat saat berlangsung Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

Pertemuan khusus membahas Taman Laut Bunaken itu, berlangsung di lantai II Kantor Menko Kemaritiman, Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) I, Jakarta Pusat,(12/06/2017).

Pihak Pemprov Sulut dihadiri langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Pemkot Manado oleh Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, Rektor Universitas Sam Ratulangi Manado Prof DR Ir Ellen J Kumaat,MSc DEA dan sejumlah pejabat.

Diketahui, pertemuan yang berlangsung di Jakarta tersebut, merupakan tindak lanjut pernyataan Menko Kemaritiman saat berkunjung ke Sulut, April lalu.

Panjaitan menyatakan agar pengeloaan Taman Nasional Bunaken mendapat perhatian serius, maka sebaiknya di kelola oleh Pemda Sulut.

“Di Pulang Rempang Galang ada otoritas sendiri seperti halnya Kawasan Ekonomi Khusus yang mengelola itu Gubernurnya langsung, dan itu yang diharapkan juga untuk kelangsungan objek wisata andalan di daerah Nyiur Melambai Sulut tersebut,” terang.

Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan menerima usulan Gubernur Olly  terkait penyerahan pengelolaan Taman Laut Bunaken di kawasan tiga pulau tersebut kepada Pemda.

Bahkan, Menko berjanji untuk memproses lebih lanjut usulan itu.

“Usulan Gubernur untuk Bunaken, Manado Tua dan Siladen untuk diserahkan pengelolaannya ke daerah, agar memudahkan pengelolaannya untuk tunjang pariwisata, diterima Menko dan akan diproses lanjut pengelolaannya ke daerah. Akhirnya, yang lama diperjuangkan akan jadi realita,”ujar Walikota Vecky Lumentut.

Dikatakan, jika pengelolaan Taman Laut Bunaken yang meliputi Bunaken, Manado Tua dan Siladen telah diserahkan kepada Pemda, akan membuka peluang dan tantangan dalam upaya peningkatan sektor pariwisata Sulut khususnya di Kota Manado.

“Apalagi, kawasan yang berada di Teluk Manado tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan pecinta wisata bahari,”katanya.

Ketika diserahkan ke daerah, maka ini menjadikan peluang dan tantangan, untuk menjadikan Teluk Manado dan kawasan penyelamannya sebagai tempat yang makin menyenangkan bagi penikmat wisata bahari,tandasnya.(erick)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Kontraktor Villa di Bali 14 Apr 2018, 16:02:13 WIB

    Bunaken adalah tempat kedua setelah Bali yang ingin saya kunjungi. Siapapun pengelolanya, saya berharap, Bunaken bisa jadi tempat wisata yang lebih baik lagi

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • Barang Promosi

    Semoga akan semakin banyak seminar nasional yang mengangkat tema atau topik yang dapat ...

    View Article
  • TutuApp

    The [url=https://tutuapp.me]TutuApp [/url] is an aide which provide the paid and the ...

    View Article
  • JackNelson

    The <a href="https://tutuapp.me">TutuApp </a> is an aide which ...

    View Article
  • berita pembunuhan

    semoga angka kriminal bisa menurun ...

    View Article