KPU Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup Minahasa 8-10 Januari 2018

By 13 Agu 2017, 12:50:08 WIBPilkada

KPU Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup Minahasa 8-10 Januari 2018

TONDANO, pojoksulut.com-Ketua Komisi Pemiihan Umum (KPU) Sulawesi Utara, Yessi Momongan mengatakan pendaftaran Calon Bupati (Cabup) dan Wakil Calon Bupati (Cawabup) Minahasa periode 2018-2023, akan dibuka mulai 8-10 Januari 2018 mendatang.
 
Hal tersebut diungkapkan Momongan saat membawakan materi tentang Teknis Pencalonan Kepala Daerah pada Raker Pedoman Teknis tahap II yang digelar KPU Minahasa di Hotel Swissbell Manado, Jumat (11/8/2017).
 
"Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Minahasa akan diselenggarakan pada tanggal 8 sampai 10 Januari. Pada 8 dan 9 Januari sesuai jam kerja akan dibuka sampai pukul 4 sore kecuali hari terakhir 10 Januari dibuka sampai pukul 12 malam,"terangnya.
 
Soal persyaratan, menurut Momongan seorang Cabup dan Cawabup harus warga begara Indonesia, sehat dan bebas dari narkoba.
 
Sementara usia untuk Cabup dan Cawabup minimal 25 tahun, serta bukan terpidana atau masuk penjara. Sedangkan bagi pejabat birokrasi yang sudah ditetapkan dalam pencalonan harus mengundurkan diri dari jabatannya.
 
"Bagi yang akan mencalonkan lewat partai, minimal harus memiliki 7 kursi legislatif atau 20 persen dari jumlah kursi atau 25 persen dari akumulasi suara, kalau tidak, maka koalisi dapat dilakukan untuk memenuhi ketentuan tersebut," ujarnya.

"Untuk jalur perseorangan, para calon harus mendapatkan dukungan minimal khususnya di Minahasa dengan jumlah pemilih sekitar 250 ribu maka paling sedikit Calon Bupati dan Wakil Bupati minimal harus mendapatkan dukungan formulir dalam hal ini KTP minimal sebesar 10 persen dari DPT terakhir,"tambah Momongan, seraya berharap Pilkada yang akan dilaksanakan dibeberapa daerah di Sulut dan khususnya di Kabupaten Minahasa dapat berjalan dengan berintegritas, sesuai aturan dan berdasarkan konsep pedoman teknis.

Tampak hadir pada Raker Pedoman Teknis tahap II ini, Ketua Divisi Hukum KPU Sulut Dr Ardiles Mewoh, Komisioner KPU Minahasa, Meidy Tinangon, Wiesye Wilar, Lord Malonda, Dicky Paseki, Kristoforus Ngantung, dan semua peserta mewakili unsur Partai, TNI, Polri, Komunitas, LSM, akademisi dan Pers.(joudi)

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • top quality essay

    Indonesia is a country who work a lot for progress currently they are working on ...

    View Article
  • FOREX ASLI

    Thank you for sharing good information for health, may be useful for all of us do ...

    View Article
  • artikel tulisan

    informasi yang bagus, tidak terasa sebentar lagi kita bakalan berjumpa dengan hari ...

    View Article
  • harga speaker aktif polytron xbr

    harga speaker aktif polytron xbr ...

    View Article