Kehadiran Klentang Diantara Cerita Dan Legenda Toar Lumimuut

By 26 Feb 2017, 10:45:32 WIBMinahasa Selatan

Kehadiran Klentang Diantara Cerita Dan Legenda Toar Lumimuut

Klentang, Waruga Toor Lumimuut dan Penjaga Waruga Tenny Sumual

LANGOWAN SELATAN,pojoksulut.com

Untuk menuju Desa Palamba dari kota Manado dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan, terletak di antara lereng gunung dan bebatuan curam, pojoksulut.com melakukan perjalanan pantauan untuk mengangkat cerita dan peristiwa sejarah yang tersimpan diantara kebisuan fakta yang tersembunyi.

Desa Palamba adalah salah satu desa nun jauh dari sentuhan keramaian pernak pernik keramaian kota, Desa yang berada di kecamatan Langowan Selatan, Kabupaten Minahasa, provinsi Sulawesi Utara, yang sebahagian besar warga di sana adalah petani yang terkenal dengan hasil pertaniannya terutama cengkih.

Untuk menuju obyek wisata reliji Waruga Toar Lummimuut setelah sampai di Desa Palamba ini tidaklah sulit, dan setelah sampai di Waruga Toar Lumimuut ternyata ada hal yang menarik perhatian pojoksulut.com, selain ketenaran dan kebesaran ompunya Minahasa Toar Lumimuut.

Ternyata ada satu misteri yang tersimpan yaitu Klenteng, Klenteng seperti yang kita tahu merupakan tempat sesembahan para orang tionghoa utamanya Dewi Kwan Im. Kenapa bisa ada klenteng disini? Ternyata ada
cerita tersendiri saat ritual di Waruga ini muncul secara gaib
Arca Dewi Kwan Im yg berwarna putih bersih terbuat dari batu.

Nah karena untuk menghargai sang Dewi maka di buatlah klenteng disini, tepatnya di samping Waruga dgn bangunan yg terpisah. Di Klenteng tersebut selain Dewi Kwan Im ada Ho Tek Ceng Sin (Dewa Bumi Cina), Kwang Kong (Kepala Suku Tonsawang), Sunggokong (Kera Sakti), Naga, dan Macan. Walaupun di situ warga sekitar tidak ada yg menyembah kepada Dewi Kwan Im.

Tenny Sumual adalah sosok sederhana yang menceritakan sejarah keberadaan klenteng serta sejarah kebesaran Toar Lumimuut kepada pojoksulut.com Sabtu 25/2/2017.

Keberadaan Tenny Sumual adalah penjaga Waruga Toar Lummimuut yang saat ini sudah berumur sekitar 55 tahun, dia hidup secara sederhana dengan anak dan istrinya. Waruga ini di jaga secara turun temurun dan anak yg mewarisi untuk menjaga waruga ini juga bukan yg sembarangan, tapi harus berdasarkan petunjuk Toar Lummimuut langsung. Dan yg mewarisi langsung mendapatkan karunia kekuatan dari Orang Tua Tenny Sumual.

Dengan mendapatkan karunia Pakampetan dia bisa menyampaikan pesan dari orang tua tapi dari ceritanya kepada pojoksulut.com banyak warga Cina dari mana saja datang kesini bahkan beberapa dari mereka datang mengaku mendapatkan petunjuk dari sang Dewi Kwan Im langsung.

Lalu apa sangkut paut Dewi Kwan Im dengan leluhur Minahasa Toar Lummimuut? ternyata beberapa warga cina pada jaman dahulu ada yg datang ke tanah Minahasa dengan agama kepercayaan mereka menyembah kepada Dewi Kwan Im yg tertinggi.

Masih banyak yang akan diceritakan oleh juru kunci Waruga Toar Lumimuut ini, namum waktu sudah menunjukkan jam 18.00 WIT, karena pojoksulut.com akan melanjutkan perjalanan lagi, maka hanya pamitan yang mimisahkan kita dengan kebesaran legenda Toar Lumimuut.(ALOX)

 


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • Barang Promosi

    Semoga akan semakin banyak seminar nasional yang mengangkat tema atau topik yang dapat ...

    View Article
  • TutuApp

    The [url=https://tutuapp.me]TutuApp [/url] is an aide which provide the paid and the ...

    View Article
  • JackNelson

    The <a href="https://tutuapp.me">TutuApp </a> is an aide which ...

    View Article
  • berita pembunuhan

    semoga angka kriminal bisa menurun ...

    View Article