Dua Sejoli , Aantara Rano Kelang dan Rano Lewo

By 21 Jul 2016, 10:15:57 WIBMitra

Dua Sejoli , Aantara Rano Kelang dan Rano Lewo

LANGOWAN, pojoksulut.com – Masih ingat Danau Rano Lewo di edisi 131 IDENTITAS ?? ternyata Rano Lewo tidak hanya sendiri, ada pasangannya yang selalu setia sejak puluhan bahkan ratusan yang lalu, namanya Rano Kelang artinya Air yang berjalan.

Hal ini terungkap ketika Hukum Tua Desa Taraitak Herny Yantje Talumewo menemani tim BARON KAMPOENG identitas untuk turun lansung kelokasi Rano Lewo dan Rano Kelang, “ danau ini sejak kita lahir memang so ada, kalau Rano Lewo itu airnya menurut cerita orang tua-tua kita itu bersumber dari Rano Kelang, dan sumber airnya adalah air panas bumi “ jelas Herny pada tim BARON KAMPOENG.

Danau ini menjadi tempat favorit dari warga setempat dan masyarakat sekitarnya untuk sekedar mandi atau hanya sekedar bersantai. Masyarakat menyebut, sehabis mandi di danau ini, badan pasti segar kembali.

Danau ini sangat kental dengan cerita-cerita mistis yang diyakini masyarakat setempat. Jika ke danau ini, tak boleh membuat kegaduhan atau tindakan yang memiliki kesan tak baik. Di sini, sudah ada beberapa orang yang meninggal. Menurut cerita, itu karena mereka berlaku tak baik saat berkunjung ke danau ini.

"Sudah ada yang meninggal di sini karena tenggelam. Kebanyakan adalah orang luar," ujar kakek Oroh, salah satu warga setempat.

“ini karena mereka berperilaku kurang baik ketika datang kedanau ini, kami meyakini danau ini punya penjaga, jadi kalau mau datang kesini harus dengan tujuan serta niat yang baik,” jelas Henry pada BK.

Selain karena diyakini ada unsur mitos di dalamnya, yang menjadi penyebab lainnya yakni ketidakhati-hatian warga yang mandi. Semakin ke tengah, danau akan semakin dalam. Ranolewo diambil dari bahasa daerah Minahasa yang berarti air jahat. Untuk alasan itu pula kenapa warga menyebut danau itu Ranolewo.

Dari jalan utama menuju Rano Kelang ada sekitar 700an M, ditempuh dengan berjalan kaki sambil melewati hamparan sawah yang asri sekitar 40hektar, tidak akan sia-sia kelelahan yang kita rasakan ketika kita sudah berada di Rano Kelang dan Rano Lewo, suasana danau dengan warna kehijau-hijauan serta kebiru-biruan membuat nuansa alam yang sangat alami terpancar indah diantara sinar matahari yang terpantul dari permukaan air Rano lewo dan Rano Kelang.

Pada saat yang bersamaan juga, terlihat sepasang turis asing yang berasal dari Negeri Perancis hadir bersama tim BK untuk melakukan liputan serta menikmati keindahan danau Rano Lewo dan Rano Kelang.

“Sudah ada beberapa turis asing yang datang kesini untuk menikmati keindahan danau ini, terutama pada saat pagi hari, kita akan melihat kepulan-kepulan asap yang keluar dari permukaan air, itu adalah uap air panas yang dihasilkan dari panas bumi “ terang Hukum Tua Herny. ( Hamzah/Tim BK)
  


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • pokevision alternatives

    pokevision alternatives best app to find and catch rare Pokemons among all the maps ...

    View Article
  • Bayar BPJS Online

    Keren! Semoga nanti akan ada banuak ilmu yang bisa diambil oleh para dokter tersebut ...

    View Article
  • Bayar BPJS

    Mantap MinSel! Kalau bisa, selalu jadi pendonor terbanyak ya. Yuk daerah lain, jangan ...

    View Article
  • kontraktor interior di jakarta

    Saya setuju sekali dengan program ekonomi kerakyatan yang diusung Dandes. Semoga bisa ...

    View Article