Desa Wioi Pertama Kecipratan Dandes Tahap I 2017

By 06 Apr 2017, 18:58:29 WIBMitra

Desa Wioi Pertama Kecipratan Dandes Tahap I 2017

Hukum Tua Desa Wioi Ratahan Timur, Noli Powa

Liputan : Wartawan pojoksulut.com Mitra Hamzah Thayeb

RATAHAN - Dari sekitar 135 jumlah desa di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Desa Wioi Kecamatan Ratahan Timur adalah desa yang pertama kecipratan Dana Desa (Dandes) tahap pertama tahun 2017.

Rommy Mewengkang Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menuturkan bahwa, berdasar aturan sebelum pencairan Dandes tahap pertama tahun 2017, pemerintah desa wajib memasukan laporan pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana desa tahap kedua tahun 2016.

"Pemerintah desa wioi kecamatan ratahan sudah melakukan kewajiban mereka, makanya untuk proses selanjutnya pihaknya sementara lakukan validasi data terhadap desa wioi untuk masuk dalam proses pencairan dandes tahap pertama 2017" terang Mewengkang pada pojoksulut.com , kamis 6/4/17.

Rommy memberi penjelasan, andaikan realisasi pencairan dandes desa Wioi sudah berlangsung, berarti desa mereka adalah desa pertama di mitra yang cair dana bantuan dari kementrian desa.

Dilain pihak Hukum Tua Desa Wioi Noli Powa, ditemui pojoksulut.com menerangkan, penggunaan Dandes mereka peruntukan bagi pembangunan infrastruktur yaitu,
pembukaan akses jalan perkebunan, pembangunan balai pelatihan dan sarana air bersih.

"Bagian dari tanggungjawab sebelum proses pencairan dandes tahap awal telah mereka tuangkan melalui pertanggungjawaban penggunaan anggaran tahap ke-2 tahun 2016" tandas Powa di blok B kantor Dinas PMD Wawali Ratahan.

Dia turut menguraikan, pihaknya bersama dinas PMD lagi fokus pembuatan validasi data, kemudian setelah itu di perkirakan proses pencairan paling lambat berlangsung pekan depan.

"Anggaran dandes bakal mereka pergunakan sesuai peruntukannya namun yang pasti dampak dari bantuan ini besar artinya demi kemajuan jalannya perekonomian desa, olehnya atas nama seluruh masyarakat dan pemerintah desa ucapkan apresiasi dan terimakasih kepada pemerintah pusat serta pemerintah daerah yang peduli terhadap kebutuhan pembangunan infratruktur serta perhatian terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat desa" imbuhnya. (Ham)

 


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • Barang Promosi

    Semoga akan semakin banyak seminar nasional yang mengangkat tema atau topik yang dapat ...

    View Article
  • TutuApp

    The [url=https://tutuapp.me]TutuApp [/url] is an aide which provide the paid and the ...

    View Article
  • JackNelson

    The <a href="https://tutuapp.me">TutuApp </a> is an aide which ...

    View Article
  • berita pembunuhan

    semoga angka kriminal bisa menurun ...

    View Article