Desa Poniki, Berdayakan Warga Lewat Dana Desa

By 09 Jun 2017, 16:11:00 WIBMitra

Desa Poniki, Berdayakan Warga Lewat Dana Desa

Hukum Tua Desa Poniki, Kecamatan Pasan, Lofry Tampomuri

PASAN, pojoksulut.com

Dana desa, sebuah kebijakan keberpihakan kepada masyarakat pedesaan oleh Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla sejak terpilih pemilu lalu. Janji itu pelan tapi pasti sudah mulai bergulir, tahun 2016 adalah tahun kedua setiap desa menerima bertahap, dana desa itu. Suatu kebijakan yang belum pernah terjadi sejak kita merdeka.
Dana desa, artinya kewenangan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasinya sepenuhnya diserahkan kepada aparat desa. Proses mengajukan program tentu protap resminya melalu Munresbangdes, Kecamatan sampai Kabupaten.
Melalui tahapan inilah dokumen itu menjadi dokumen Negara dan mempunyai kekuatan hukum untuk menggunakan uang negara. Apabila ada yang tidak melalui Munsrenbang, dana tidak dicairkan.


Pengucuran Dana Desa oleh pemerintah di setiap desa di Indonesia sangatlah berdampak positif, terutama peningkatan infrastruktur serta geliat perekonomian desa.
Hal ini juga berdampak pada Desa Poniki Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara, dimana pada TA 2017 mendapatkan kucuran dana desa hampir 1 miliar yang nanti akan dimanfaatkan untuk pembangunan jalan desa, rabat beton dan pembangunan jalan baru desa serta drainase.
Sementara untuk tahun 2017 ini sesuai dengan program yang telah disepakati bersama oleh masyarakat poniki adalah peningkatan jalan lingkar desa, terutama pembuatan jembatan yang menghubungkan desa Poniki ke perkebunan masyarakat lumpias dan village lamet yg kesemuanya didanai dengan Dana Desa Tahap I Tahun 2017..
Saat ditemui Hukum Tua Desa Poniki Lofry Tampomuri menjelaskan bahwa jembatan ini sangat dibutuhkankan karena untuk kepentingan masyarakat terutama warga petani untuk memudahkan pengangkutan hasil pertanian mereka.
“ Disamping tetap melanjutkan program kegiatan peningkatan jalan desa, yang menjadi skala prioritas kami adalah pembangunan jembatan yang dapat menghubungkan desa Poniki dengan warga Lumpias serta Village Lamet” pungkas Lofri. Kamis 8/6/17.
Lofry juga menegaskan bahwa dampak positif dari proyek-proyek infrastruktur desa lanjutnya, langsung dirasakan oleh masyarakat desa Poniki. Perekonomian desa langsung pulih dan bergerak cepat, karena berbagai aktifitas usaha ekonomi muncul dan berkembang.
“Selain menyerap langsung banyak warga desa yang bekerja di proyek-proyek infrastruktur desa, juga muncul berbagai kegiatan usaha ekonomi yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan proyek-proyek desa, seperti usaha material, usaha kuliner, usaha pakaian, jasa transportasi, dan usaha lainnya yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan proyek dan para pekerjanya” papar Lofry.
“Ini juga tidak terlepas dari peran seorang James Sumendap Bupati Mitra yang sering memberikan arahan serta selalu memeringatkan kita sebagai Kepala Desa untuk mempergunakan dana desa sesuai dengan kebutuhan dan memproritaskan apa yang menjadi tuntutan warga” (Ham)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • Barang Promosi

    Semoga akan semakin banyak seminar nasional yang mengangkat tema atau topik yang dapat ...

    View Article
  • TutuApp

    The [url=https://tutuapp.me]TutuApp [/url] is an aide which provide the paid and the ...

    View Article
  • JackNelson

    The <a href="https://tutuapp.me">TutuApp </a> is an aide which ...

    View Article
  • berita pembunuhan

    semoga angka kriminal bisa menurun ...

    View Article