Desa Kauneran Sonder, Membangun Lewat Dandes

By 01 Jun 2017, 05:09:52 WIBMinahasa Selatan

Desa Kauneran Sonder, Membangun Lewat Dandes

Hukum Tua Desa Kauneran Kecamatan Sonder Sjallom Mewengkang

Liputan : Wartawan pojoksulut.com Ham Thayeb
REMBOKEN, Sesuai Undang-Undang Nomor 6/2014 tentang Desa, dana desa yang jumlahnya terus bertambah setiap tahun digunakan untuk membangun kemandirian desa mempercepat kesejahteraan warganya.

Namun ketimpangan kemampuan perangkat desa dan kepala desa, membuat rentan ada kesalahan dalam pengelolaan keuangan desa.

Faktor lain, yaitu transparansi dan keterbukaan informasi pengelolaan dana desa yang belum sepenuhnya dijalankan, sementara perencanaan penggunaan anggaran lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dinilai rentan dikuasai segelintir perangkat desa tanpa keterlibatan aktif masyarakat.

Namun lain halnya dengan Desa Kauneran Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, dalam segala kegiatan yang menyangkut dengan penggunaan Dana Desa, semua tyransparan dan selalu melibatkan masyarakat.

Hukum Tua Desa Kauneran, Sjallom Mewengkang dalam keterangannya pada pojoksulut.com, Selasa 30/5/17 secara detail menjelaskan bahwa Danades yang dikeloal oleh desanya selalu melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan maupun dalam pekerjaan.

“ ini merupakan komitmen kita masyarakat Kauneran bahwa segalanya harus transparan dan selalu melibatkan masyarakat baik dalam pengambilan keputusan maupun dalam pekerjaan yang menggunakan Dandes”terang Sjallom.

Hukum Tua yang baru menjabat sekitar 9 bulan ini merasa berterimakasih kepada Pemerintah Pusat dengan dikucurkannya Dana Desa ini sebagai bentuk kepedulian dan untuk kemajuan desa itu sendiri.

Untuk Desa Kauneran sendiri dalam tahap satu pekerjaan Dana Desa tahun anggaran 2017 ini, melaksanakan kegiatan berupa, betonisasi jalan sepanjang 400m dengan lebar 4m, perbaikan jaringan air bersih, solar ceel sebanyak 2 unit.

“Dengan adanya kegiatan Dandes ini juga membuka perekonomian baru bagi masyarakat sekitar, karena keterlibatan lansung dalam pekerjaan serta membuka peluang usaha baru bagi masyarakat yang belum mempunyai pekerjaan” tutup Sjallom.(Ham).

 


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • Barang Promosi

    Semoga akan semakin banyak seminar nasional yang mengangkat tema atau topik yang dapat ...

    View Article
  • TutuApp

    The [url=https://tutuapp.me]TutuApp [/url] is an aide which provide the paid and the ...

    View Article
  • JackNelson

    The <a href="https://tutuapp.me">TutuApp </a> is an aide which ...

    View Article
  • berita pembunuhan

    semoga angka kriminal bisa menurun ...

    View Article