Dengan Dandes Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

By 06 Jun 2017, 22:49:12 WIBMinahasa Selatan

Dengan Dandes Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan

Hukum Tua Desa Kauneran Satu Kecamatan Sonder, Franky Keintjem

Laporan : Wartawan pojoksulut.com Ham Thayeb

SONDER, Strategi pembangunan dan pemberdayaan desa di masa kini mesti dirancang untuk mengatasi problem kemiskinan dan ketimpangan yang semakin pelik.

Seluruh potensi yang ada harus dikerahkan menjadi penopang gerakan desa membangun Indonesia. Selain penyaluran dana desa dan alokasi dana desa yang jumlahnya semakin meningkat, desa membutuhkan terus-menerus pasokan pengetahuan agar mampu mengoptimalisasi kewenangan yang telah diberikan.

Hal ini dikatakan Hukum Tua Desa Kauneran Satu Kecamatan Sonder, kabupaten Minahasa Franky Keintjem saat pojoksulut.com memantau jalannya kegiatan pembangunan desa melalui Dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat.Selasa 6/6/2017.

“Disamping pembangunan desa semakin meningkat sesuai dengan keinginan masyarakat, dengan dana desa juga dapat memberikan dampak ekonomi aktif bagi masyarakat” tegas Franky.

Untuk Desa Kauneran Satu menurut Franky dalam tahap pertama tahun anggaran tahun 2017 ini akan melaklsanakan pekerjaan antara lain : pembanguna rabat beton sepanjang 120 meter, pengecoran pila pila jalan dengan total sepanjang 385m x lebar 1,2 m, pemasangan paving block sepanjang 150m x 3 meter lebar.

Selain itu juga ada pembangunan Drainase sepanjang 100 meter, pemasangan Solar Sel sebanyak 4 unit, pembanguna n talut tipe 1, sepanjang 50 meter dengan tinggi 3,5 meter dan talut tipe 2 165 meter dengan tinggi 2,5 meter.

Sementara itu untuk BUMDes yang telah berjalan selama satu tahun terakhir ini, mendapatkan kucuran dana segar dari dandes sebesar 40 juta, dana segar ini diperuntukkan buat dana segar pengadaan barang dan jasa pengadaan jaringan air bersih.

“untuk BUMDes sendiri ada kucuran dana sebesar 40 juta diambil dari dana desa, dana ini untuk pembelian kelengkapan jaringan air bersih berupa pengadaan meter air yang nantinya akan dipasang di rumah rumah warga, karena berdasarka kesepakatan warga, pengelolaan jaringan air bersih akan dikelola oleh BUMDes” jelas Franky lagi. (Ham).


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Jual Rak TV murah di jakarta 14 Sep 2017, 13:21:47 WIB

    Pemberdayaan desa harus benar-benar diperhatikan agar masyarakat desa bisa lebih makmur, sejahtera, produktif dan jangan kalah sama kota Jakarta.

    Bentuknya bisa macam-macam. Misalnya dengan diadakan berbagai program seperti pelatihan wirausaha dan juga pendanaan untuk modal bisnis mereka

    kontraktor interior di jakarta 14 Apr 2018, 16:06:35 WIB

    Saya setuju sekali dengan program ekonomi kerakyatan yang diusung Dandes. Semoga bisa terlaksana dengan baik

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • antoinetterh11

    My new ascend: http://hot.girlfriends.porndairy.in ...

    View Article
  • Liverpool

    Wow artikel luar biasa dan fantastis teman saya kerja bagus dan semoga sukses untuk ...

    View Article
  • Liga Inggris

    Masih kami tunggu info selanjutnya... Thanks! ...

    View Article
  • Prediksi Bola

    Masih kami tunggu info selanjutnya... Thanks! ...

    View Article