Dana Desa Mengatasi Urbanisasi Dan Meingkatkan Kesejahteraan Rakyat

By 11 Jan 2017, 22:30:39 WIBMinut

Dana Desa Mengatasi Urbanisasi Dan Meingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Kepala Dinas Sosial Serta Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Dr. Cakarawira B.R Gundo, M.Si

MINAHASA UTARA, pojoksulut.com

"Saya berharap desa lebih produktif dengan adanya dana desa, indikasinya kegiatan ekonomi di desa mengalami peningkatan, demikian pula pelayanan publik di desa juga makin baik, dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat" ujar Kepala Dinas Sosial Serta Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Dr. Cakarawira B.R Gundo, M.Si Pada pojoksulut.com saat ditemui dikantornya Rabu 11/1/17.

Permendesa nomor 5 tahun 2015 telah mengatur Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2015. Untuk lingkup pembangunan desa, prioritasnya adalah untuk pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.


Lebih jauh Cakra mengatakan, di Minahasa Utara ada 125 Desa, dan masing-masing desa mempunyai potensi masing-masing desa myang dapat dikembangkan melalui dana desa ini, karena banyak sekali potensi sumber daya ekonomi yang belum dikembangkan karena terkendala dana atau lainnya.


“ Dengan adanya dana desa potensi yang ada di desa dapat dikembangkan menjadi usaha produktif yang memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan mengatasi urbanisasi dan kemiskinan di desa," ujar Cakra.
Cakra juga mencontohkan, desa yang memiliki kekayaan sumber daya air, bisa menggunakan dana desa untuk mengembangkannya menjadi usaha bisnis air bersih. Selain memberikan pemasukan kas desa, usaha tersebut bisa untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat desa.

"Usaha semacam ini juga akan memicu munculnya berbagai jenis usaha baru di sekitarnya seperti layanan transportasi, warung makan, pariwisata dan lainnya, jadi desa akan lebih produktif yang dampaknya adalah majunya ekonomi desa dan masyarakat," ujar Cakra lagi.

Tapi Cakra juga mengingatkan bahwa dana bukanlah satu-satunya faktor kemajuan desa. Justru faktor yang paling penting adalah sumber daya manusia (SDM). Tanpa SDM yang mumpuni, dikhawatirkan dana yang ada tidak akan terkelola atau termanfaatkan sebagaimana diharapkan.

"Saya selalu mengingatkan pentingnya ditingkatkan kualitas SDM desa melalui pelatihan-pelatihan atau kegiatan lainnya, supaya wawasan dan kemampuannya meningkat, etos kerjanya meningkat, jadi dana desa akan bisa dikelola secara transparan, akuntabel dan profesional untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat." Tutup Cakra (Hamzah/Alfa)

 


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • capwhova

    Hello. And Bye. ...

    View Article
  • Pabrik Tas

    A really great post! I want to thank you for the important information you've ...

    View Article
  • HelenBip

    Revolutional update of captchas regignizing package "XEvil 4.0": captcha ...

    View Article
  • Sewa Mobil Surabaya

    Terima Kasih Info Bermanfaatnya Pak.. Salam :) ...

    View Article