Angkatan Laut Filipina Bantu Empat Prajurit TNI AL yang Hilang di Talaud

By 24 Des 2016, 17:58:44 WIB

Angkatan Laut Filipina Bantu Empat Prajurit TNI AL yang Hilang di Talaud

Kapal Angkatan Laut Pilipina BRP Magat Salamat (PS-20)

JAKARTA,pojoksulut.com.

Tentara Angkatan Laut Filipina akan membantu melakukan pencarian empat anggota TNI Angkatan Luat (AL) yang hilang saat melaksanakan pengawalan terhadap kapal ikan Filipina di Perairan Talaud, Sulawesi Utara pada 13 Desember 2016.

"Dalam pelaksanaan operasi pencarian, TNI AL berkoordinasi dengan Naval Fleet East Mindanao (NFEM) Command. Direncanakan dari Angkatan Laut Filipina akan melibatkan satu kapal perangnya yaitu BRP Magat Salamat (PS-20)," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Gig GM Sipulta, di Jakarta, Sabtu (24/12).

Menurut Gig Sipulta, dengan kondisi cuaca dan geografis di lokasi, sampai saat ini belum ada titik terang keberadaan keempat anak buah kapal (ABK) Kapal Perang RI (KRI) Layang-635 yang hilang kontak sejak 14 Desember 2016 itu. Padahal TNI AL mengerahkan tambahan unsur LPD KRI Dr Suharso-990 (kapal rumah sakit) dengan satu Heli Bell dan 1 Heli BO-105 (onboard) yang rencana akan digunakan sebagai kapal markas. "Kapal berangkat menuju daerah operasi pada Sabtu pagi," kata Kadispenal.

Pencarian, kata Sipulta, juga dilakukan di darat pada pulau-pulau di sekitar lokasi dengan melibatkan semua unsur Lanal Melonguane, Lanal Morotai, serta Posal Tobelo dengan bantuan pemda dan masyarakat. "Perkembangan lebih lanjut akan diinformasikan kemudian, mohon dukungan dan doa agar keempat ABK KRI Layang dapat ditemukan dengan selamat," kata Kadispenal.

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Layang-635 dengan Komandan Mayor Laut (P) Agus Susatya tergabung dalam Operasi Siaga Yudha-16 yang melaksanakan patroli di perbatasan Indonesia-Filipina, dalam operasi tersebut telah melaksanakan kegiatan pengejaran, penangkapan dan penyelidikan (terhadap kapal ikan asing bernama Nurhana asal Filipina.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman, menjelaskan bahwa peristiwa ini berawal saat KRI Layang menemukan kapal ikan asing (KIA) berbendera Filipina yakni Kapal Nurhana memasuki wilayah Indonesia, Selasa (13/12). Kapal Nurhana ternyata tidak memiliki dokumen lengkap dan hendak dibawa ke lanal terdekat yakni Lanal Melonguane, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara. KRI Layang yang menangkap kapal ilegal itu lalu mengangkut kru dan penumpang Kapal Nurhana. Hanya tiga ABK yang disisakan untuk mengemudikan kapal hingga ke Lanal Melonguane. KRI Layang yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Agus Susatya tersebut menurunkan empat krunya untuk mengawal Kapal Nurhana sampai ke lokasi.

Di tengah jalan, tim kawal tiba-tiba hilang kontak. Saat itu cuaca di laut cukup buruk. KRI Layang yang sebelumnya melanjutkan patroli di perbatasan Indonesia-Filipina akhirnya mencari Kapal Nurhana. Namun sejak hilang kontak pada Rabu (14/12), Kapal Nurhana belum ditemukan.

Adapun empat kru KRI Layang yang hilang terdiri dari satu perwira, satu bintara, dan dua tamtama. Mereka adalah Letda Laut (P) Faisal Dwi A.R asal Jakarta (Kepala Tim Kawal), Serda Mes Rizky Dwi Zeptianto asal Surabaya, Kelasi Kepala (KLK) Amo Dian Mahendra asal Gresik dan Kelasi Dua (KLD) Isy Badnur Rohim asal Madura.(Hamzah)(*)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • capwhova

    Hello. And Bye. ...

    View Article
  • Pabrik Tas

    A really great post! I want to thank you for the important information you've ...

    View Article
  • HelenBip

    Revolutional update of captchas regignizing package "XEvil 4.0": captcha ...

    View Article
  • Sewa Mobil Surabaya

    Terima Kasih Info Bermanfaatnya Pak.. Salam :) ...

    View Article