“Pungguan” Jaton Jiarah Kubur, Sebuah Perjumpaan Dua Budaya

By 16 Mei 2017, 11:18:32 WIBMinahasa

“Pungguan” Jaton Jiarah Kubur, Sebuah Perjumpaan Dua Budaya

Liputan : Wartawan pojoksulut.com Hamzah Thayeb

TONDANO, Pungguan, sepenggal kata yang apabila mendekati bulan Ramadhan akan terdengar ditelinga kita, khususnya masyarakat Kampung jawa Tondano Kabupaten Minahasa.

Pungguan merupakan salah satu tradisi ziarah dimakam leluhur orang tua keluarga atau kerabat yang diturunkan dari tetua kampung seperti Kyai Modjo dan lainnya.

Biasanya para penjiarah berbondong bonding mendatangi kompleks pekuburan yang terletak di Kelurahan Wilauan, kecamatan tondano utara, disekitar pemakaman Pahlawan Nasional Kyai Modjo, yang masing masing menenteng plastic berisi campuran kembang dan membawa peralatan kebersihan berupa cangkul, parang dan sapu.

Mereka adalah warga warga kampung jawa tondano (Jaton) maupun warga Jaton yang datang dari daerah lain diseputaran Sulawesi utara, mereka datang melaksanakan tradisi “Pungguan” saat memasuki awal puasa, kebiasaan tersebut merupakan tradisi yang dibawa dari jawa dan sudah berlansung dari tahun ketahun, walaupun telah berkolaborasi dan menyatu dengan budaya minahasa ketika mengunjungi makam atau tempat terakhir leluhurnya.

“kalu torang pe opa-opa Kyai Modjo dan pengikutnya itu kan dari jawa, sementara torang pe oma oma (para istri istri pengikut Kyai Modjo) adalah asli orang minahasa, “ tutur Alfian Kyai Demak salah satu tokoh pemuda Jaton.

Sementara itu, Lurah Kampung jawa Tondano Suryanto Mertosono dalam penjelasannya pada pojoksulut.com mengatakan kalau kebiasaan Pungguan ini dimaknai dengan cara membersihkan makam, menaburinya dengan kembang dan melakukan Syalawat, sementara campran kembang itu terdiri dari daun pandan, bunga mawar ataupun melati.

“Biasanya sehabis melakukan ziarah mereka akan makan bersama disekitaran makam, makanannya merupakan bekal yang dibawa lansung dari rumah, ini menandakan kebersa

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Support

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Informasi Apa Yang Paling Anda Sukai?
  Pemerintahan dan Politik
  Ekonomi
  Pariwisata dan Budaya
  Kesehatan
  Kuliner
  Shopping

Komentar Terakhir

  • Barcode Scanner

    Selain kurikulum tentang kewirausahaan, materi tentang pasar modal juga penting untuk ...

    View Article
  • Barcode Printer

    Produk kerajinan seperti souvenir keramik ini bisa jadi bisnis yang menjanjikan. ...

    View Article
  • gizidat.co

    keren... ...

    View Article
  • Alan pontoh

    Mantap ...

    View Article